Wednesday, February 16, 2011

Soundman atau Sound engineer

Selengkapnya: Menambahkan Tombol Google Buzz pada Blogger | Blogger Tune-Up http://modification-blog.blogspot.com/2010/03/menambahkan-tombol-google-buzz-pada.html#ixzz1EKqAxGmY Under Creative Commons License: Attribution



Sound engineer atau ahli tehnik suara adalah orang yang berada didepan mixer yang mengoperasikan mixer,melakukan pencampuran antara alat musik dan vocal. Banyak orang yang menganggap remeh seorang sound engineer. Hingga kadang mereka dianggap tidak terlalu baku di suatu pertunjukan panggung hiburan. Padahal Seorang Sound engineer merupakan salah satu yang bisa menyebabkan Sukses dan tidaknya suatu pertunjukan panggung. Sound engineer yang baik bisa memoles atau menggabungkan suara musik dengan vocal sehingga enak untuk didengarkan. Meskipun kelompok musik itu hanya kelompok musik lokal/band lokal. Namun sebaliknya, dengan Sound engineer yang buruk, kelompok musik besar sekalipun akan ditinggalkan penontonnya. Pencampuran suara yang baik adalah antara enstrumen dan vocal lebih dominan vocal (sedikit). Sehingga makna dari lagu yang dinyanyikan bisa diketahui/dipahami oleh pendengar/penonton.
Seorang Soundman Atau Sound Engineer Wajib memahami karakter perangkat yang digunakan. Mulai dari Microphone, Mixer, asesoris, power sampai dengan Loudspeaker yang digunakan. Sebagai contoh meski kita pakai speaker dengan merk ukuran dan seri yang sama, jikalau box yang kita pakai berbeda maka akan menghasilkan suara yang berbeda pula. Sebagai seorang Soundman juga harus memahami karakter alat musik yang dipakai. Sehingga kita bisa menghasilkan suara yang seperti aslinya dengan karakter yang sama, Cuma bedanya bisa didengar lebih banyak orang (Penonton).

No comments:

Post a Comment