Tuesday, February 15, 2011

Tehnik mixing Audio Sound System

Selengkapnya: Menambahkan Tombol Google Buzz pada Blogger | Blogger Tune-Up http://modification-blog.blogspot.com/2010/03/menambahkan-tombol-google-buzz-pada.html#ixzz1EKqAxGmY Under Creative Commons License: Attribution
Sebelumnya saya minta maaf jikalau tulisan saya ini kurang benar,mohon untuk dikoreksi. karena tulisan ini berdasar dari pengalaman dan sebatas pengetahuan saya.

Mixing merupakan tehnik penggunaan microphone yang baik berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan oleh berbagai perusahaan microphone . Mixing yang benar sangat dibutuhkan dalam studio rekaman atau dalam pertunjukan musik live, agar suara musik yang dihasilkan benar-benar berkwalitas. Cara penggunaan microphone yang kurang tepat akan menghasilkan suara yang kurang sempurna.

Kesempurnaan suara yang dimaksud disini adalah hasil suara yang mendekati keaslian sesuai sumber suara yang akan diambil. Diusahakan suara yang dihasilkan terbebas dari suara-suara lain selain sumber suara yang diinginkan, atau bebas dari kebisingan lingkungan, tetapi warna suara harus tetap terdengar alami.

Disini saya akan membahas tehnik mixing vocal, dikarenakan bagian ini merupakan hal terpenting dalam pertunjukan live musik. Kejanggalan suara alat musik kadang diartikan oleh penonton sebagai improvisasi musisi, tetapi kejanggalan suara penyanyi atau orator atau MC akan langsung mengundang penilaian bahwa sound systemnya kurang baik atau bahkan jelek. Itulah sebabnya mengapa saya menganggap mixing vocal merupakan bagian yang sangat penting.

Suara manusia yang kita dengar bukan hanya suara yang keluar dari rongga mulut, tetapi juga yang keluar dari rongga hidung. Suara yang keluar dari rongga hidung adalah suara yang sudah memperoleh penguatan pasif akibat efek gema pada ruang sinus. Bila kita hanya mengambil suara yang keluar dari mulut, suara akan terdengar tipis dan agak garing, berbeda bila kita mengambil suara dari mulut dan dari hidung secara bersamaan, hasilnya akan didapat suara yang alami dan terasa utuh.

Dibawah ini saya lampirkan gambar mixing vocal yang benar dan yang salah:


Cara mixing vocal yang benar, suara dari mulut dan dari hidung dapat ditangkap oleh mikrofon.





Cara mixing vocal yang salah karena mikrofon hanya menangkap suara yang keluar dari hidung saja.

Dengan melihat gambar diatas, maka agar selalu diingat, usahakan microphone selalu menghadap kearah antara hidung dan mulut, agar suara yang tertangkap microphone merupakan paduan suara mulut dan hidung.

Kemudian untuk menjaga level suara agar baik dan konstan levelnya usahakan untuk mendekatkan microphone kedekat mulut dan hidung ketika level suara kita rendah, jauhkan microphone ketika level kita kuat misalnya saat teriak. Seberapa dekat dan seberapa jauh jarak microphone kemulut kita harus dicoba dan dilatih, agar saat tampil dipanggung gerak pengaturan jarak microphone kemulut terjadi secara otomatis karena kebiasaan yang benar. Kadang bila mic terlalu dekat suara hembusan angin yang keluar dari mulut bisa menjadi gangguan, untuk mengatasi gangguan hembusan angin tsb sebaiknya microphone dipasangkan wind screen (penapis angin) yang terbuat dari bahan karet sponse. Untuk microphone shure sm58 atau beta58 wind screen sudah terpasang didalamnya, sehingga jarang dibutuhkan wind screen tambahan.

Ini dulu,mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman semua.

No comments:

Post a Comment